Pasang Iklan Disini

Peta Perekonomian Kota Bau-bau, Sulawesi Tenggara

Peta Perekonomian Kota Bau-bau, Sulawesi Tenggara

Keadaan Geografis
Kota Bau-Bau atau Baubau adalah sebuah pemerintahan kota di Pulau Buton, Sulawesi Tenggara. Bau-Bau memperoleh status kota pada tanggal 21 Juni 2001 berdasarkan UU No. 13 Tahun 2001.
Secara geografis kota Bau-bau terletak di bagian selatan garis khatulistiwa di antara 5.21° – 5.33° Lintang
Selatan dan di antara 122.30° – 122.47° Bujur Timur atau terletak di sebelah Selatan Provinsi Sulawesi Tenggara.
Wilayah Kota Bau-Bau berbatasan dengan:
Utara Selat Buton
Selatan Kecamatan Pasar Wajo, Kabupaten Buton
Barat Kecamatan Kadatua, Kabupaten Buton
Timur Kecamatan Kapontori, Kabupaten Buton
Kota Bau-Bau mempunyai wilayah daratan seluas 221,00 km², luas laut mencapai 30 km² merupakan kawasan potensial untuk pengembangan sarana dan prasarana transportasi laut.
Kota Bau-Bau pada umumnya memiliki permukaan yang bergunung, bergelombang dan berbukit-bukit. Di antara gunung dan bukit-bukit terbentang dataran yang merupakan daerah-daerah potensial untuk mengembangkan sektor pertanian.
Kota Bau-Bau memiliki pula sungai yang besar, yaitu sungai Bau-Bau yang membatasi Wolio dan Betoambari serta membelah ibu kota Bau-Bau. Sungai tersebut umumnya memiliki potensi yang dapat dijadikan sebagai sumber tenaga, irigasi dan kebutuhan rumah tangga.
Keadaan iklim di daerah Kota Bau-Bau umumnya sama dengan daerah lain disekitarnya yang mempunyai 2 musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau dengan suhu udara berkisar 20 °C–33 °C.
Musim hujan terbanyak terjadi pada bulan Desember dan Maret, pada bulan–bulan tersebut angin barat yang bertiup dari Asia dan Samudera Pasifik mengandung banyak uap air, musim kemarau terjadi mulai bulan Mei sampai bulan Oktober, pada bulan-bulan ini angin timur yang bertiup dari Australia kurang mengandung uap air.
Mata Pencaharian
Propinsi Sulawesi Tenggara memiliki wilayah perairan yang potensial untuk pengembangan usaha perikanan dan pengembangan wisata bahari, karena disamping memiliki bermacam-macam hasil ikan, juga memiliki panorama laut yang sangat indah.
Secara umum, mata pencaharian penduduk Kepulauan Buton didominasi oleh sektor pertanian. Hal ini dicerminkan dengan penggunaan lahan 42,08% digunakan untuk usaha pertanian, yaitu untuk tegal/kebun, ladang/huma, tambak, kolam/tebat/empang, lahan untuk tanaman kayu-kayuan/hutan rakyat, perkebunan rakyat.
Dalam perdagangan, secara kuantitatif komoditi-komoditi potensial yang diperdagangkan antar pulau melalui pelabuhan Bau-bau antara lain adalah hasil pertanian tanaman pangan, perkebunan, perikanan, peternakan, hasil hutan dan industri. Komoditi perkebunan merupakan komoditi tertinggi yang diperdagangkan.
Kependudukan
Bau-Bau menduduki peringkat ke-8 sebagai kota terbesar di Sulawesi berdasarkan jumlah populasi tahun 2010 atau urutan ke-2 untuk Provinsi Sulawesi Tenggara. Hasil registrasi penduduk pada akhir tahun 2006 berjumlah 122.339 jiwa. Dari jumlah tersebut, terdapat jumlah penduduk laki-laki sebanyak 57.027 jiwa (46,61%) dan perempuan 65.312 jiwa (53,39%).
Berdasarkan sensus penduduk tahun 2010 jumlah penduduk Kota Baubau sebanyak 137.118 jiwa, dengan kepadatan sebesar 1.113 per km², dan pertumbuhan sebesar 2,975% per tahun.
Pariwisata
Kunjungan wisata di Kota Bau-Bau dapat dibagi menjadi 2 jenis kunjungan utama, yaitu:
  • Wisata sejarah berupa kunjungan wisata ke peninggalan sejarah dari Kesultanan Buton, berupa:
    • Benteng Keraton Buton dan Masjid Agung Keraton (Masigi Ogena)
    • Masjid Kuba dan Tiang Bendera (Kasuluna Tombi)
    • Rumah Adat (Malige), Badili (Meriam), Samparaja, Lawa dan Baluara.
  • Wisata alam berupa kunjungan melihat pemandangan alam yang indah, berupa:
    • Pantai, yaitu Kamali, Nirwana, Lakeba dan Kokalukuna
    • Air terjun, di antaranya Tirtarimba, Samparona dan Lagawuna
    • Gua, yaitu Lakasa dan Ntiti
    • Pemandian alam Bungi.

http://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Bau-Bau
  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Gravatar
WordPress.com Logo
Please log in to WordPress.com to post a comment to your blog.
Twitter picture
You are commenting using your Twitter account. Log Out )
Facebook photo
You are commenting using your Facebook account. Log Out )
Connecting to %s
  • Calendar

    April 2011

ads

Ditulis Oleh : akbar malik Hari: 15.24 Kategori: