Pasang Iklan Disini

cara sederhana membuat perangkap tikus yang efektif

Cara Ampuh Membuat Perangkap Tikus Sendiri


Tikus binatang pengerat sering menjadi masalah di dalam rumah, dari mencuri makanan, mengerat peralatan kayu, mebuat lubang, kabel-kabel listrik gigerogoti, dan berbagai masalah lainnya yang berhubungan dengan kesehatan. Beberapa cara umum yang dipakai kadang juga menimbulkan masalah lain. Seperti misalnya memberi racun tikus yang kadang menimbulkan bau tak sedap bangkai tikus yang tidak diketahui dari mana sumbernya. Memelihara kucing yang kadang kucing sendiri yang takut sama tikusnya atau malah berteman dengan tikus buat sama-sama nyuri makanan di dapur :D


Salah satu metode yang mungkin minim masalah adalah dengan perangkap tikus, tapi masalahnya perangkap tikus yang efektif itu seperti apa? Kalau anda bingung memilih perangkap yang efektif. Mungkin perangkap tikus buatan ini bisa jadi pilihan anda. Menurut sumber yang bisa dipercaya, selain murah, perangkap ini bisa menangkap tikus 2 -10 ekor dalam satu malam tergantung banyak tikus di rumah anda. Anda tidak percaya...??? Hanya satu jalan untuk membuktikannya... Kita bikin dan kita coba sendiri alatnya! :D

Cara Kerja Perangkap Tikus Buatan

1. Tikus merayap naik lewat kayu karena mencium bau makanan. Sisi kayu yangg atas (dekat lubang) sudah diolesi selai sebagai pancingan.
2. Tikus masuk lubang ke dalam ember. Di dalam ember sudah ditaro kaleng yg diolesi selai.
3. Kaleng tersebut kedua ujungnya dihubungkan ke ember dengan seutas kawat besi. Saat tikus naik ke atas kaleng, kaleng akan berputar.
4.Tikus lelah dan nyemplung ke air di bawahnya

Mekanisme Perangkap Tikus

Alat dan Bahan-bahan Untuk Membuat Perangkap Tikus

1. Ember besar / Kaleng cat bekas ukuran 5 galon
2. Kawat besi
3. Balok kayu kecil
4. Kaleng bekas
5. Selai kacang, selai rasa yg lain juga boleh
6. Air


Pembuatan Perangkap Tikus

Ikuti langkah-langkah berikut ini. Jangan khawatir bila anda mengikutinya tidak 100% sama dg instruksi, karena perangkap ini akan masih bisa bekerja dg baik. Ingat kita hanya merakit perangkap tikus, bukan komputer, jadi salah dan beda dikit-dikit tidak apa-apa.


1. Siapkan satu buah ember ukuran besar dan buat lubang dengan diameter 6 cm, kira-kira pada 3/4 dari ketinggian ember.



2. Siapkan kawat logam berukuran kecil (diameter kira 0,5 cm) yg nanti akan dimasukkan ke lubang. Bisa juga menggunakan kawat dari gantungan baju (yg terbuat dari kawat).

3. Buat lubang lagi (lubang kedua) di bawah lubang yg pertama, diameternya sedikit lebih besar dari diameter kawat. Posisinya kira-kira 2-3 cm di bawah lubang pertama.
Kemudian di sisi lain ember, bikin lagi satu lubang (lubang ketiga) dengan diameter dan ketinggian sama dengan lubang kedua. Jadi antara lubang kedua dan ketiga nanti akan saling berhadap-hadapan. Jadi sekarang ada 1 lubang besar dan 1 lubang kecil di satu sisi ember, dan 1 lubang kecil pada sisi lain yg berseberangan.

Note: Jika anda bikin kesalahan misalnya lubang ketiga terlalu tinggi atau rendah (tdk sejajar dengan lubang kedua), tidak masalah, bisa bikin lagi lubang baru. Seperti yang terlihat pada gambar di bawah.




4. Siapkan kaleng soda, kaleng susu, kaleng cat, atau kaleng lain dan buat lubang tepat di tengah-tengah sisi atas dan sisi bawah. Ukuran lubang pada kaleng sama dg ukuran lubang kecil pada ember (lubang ke-2 dan ke-3 pada ember).

Note: Usahakan ukuran kaleng jangan terlau besar agar tidak mengurangi volume air.

5. Siapkan balok kayu yg akan digunakan sebagai jalan masuknya tikus ke dalam ember. Agan boleh menggunakan jenis kayu apa saja. Buat menjadi 2 bagian. Bagian pertama sebagai jalan naik ke lubang, dan bagian kedua sebagai jalan masuk ke dalam lubang. Bagian pertama panjangnya kira-kira 25 cm, dan bagian kedua panjangnya kira-kira 15 cm, tergantung ukuran ember. Ukuran tdk harus persis sama. Nanti hasilnya akan seperti ini nih.




6. Hubungkan 2 bagian kayu tadi membentuk siku-siku seperti terlihat pada gambar di bawah. Menggunakan lem atau paku juga boleh, yg penting dipasang dengan benar agar cukup kuat menyangga pada ember.



7. Masukkan kawat besi pada lubang kecil (lubang ke-2) yg tadi sudah dibikin di ember, lalu hubungkan dengan lubang di kaleng dan tembus pada lubang ke-3 pada ember. Tes dulu, pastikan kalengnya bisa berputar denggan lancar. Jika posisi lubang ke-2 atau ke-3 belum sejajar sehingga kawat tidak lurus horisontal, buat lubang lagi sampai posisi kawat bisa lurus .Usahakan agar ketinggian kaleng sejajar denggan kayu, bila lebih tinggi/rendah juga tidak masalah seperti yg terlihat pada gambar. Beri jarak antara kaleng denggan kayu kira-kira 3,5 cm.



8. Siapkan selai, olesi sedikit saja selai pada bagian atas kayu (kayu yg dekat lubang) sebagai pancingan.

9. Oleskan lagi selai, kali ini pada bagian sisi kaleng yg jauh dari kayu (Ujung kaleng yg letaknya dekat lubang ke-3 pada ember). Oleskan merata agar tidak mengganggu keseimbangan kaleng. Jangan terlalu tebal olesannya supaya kaleng bisa berputar dengan lancar.




10. Langkah terakhir, isi ember dengan air kira-kira setinggi 10-11 cm tergantung ukuran ember. Yg penting ketinggian air tidak sampai menyentuh kaleng. Nah, setelah perangkapnya jadi, bisa diletakkan di tempat yang kira-kira banyak tikusnya, misalnya di dapur rumah anda atau di gudang.


Contoh hasil kerja perangkap tikus buatan setelah diletakan semalaman



Dan bila tikus di rumah anda banyak, jangan kaget bila dalam semalam bisa menangkap 5-10 ekor tikus.

Catatan:
1. Perangkap ini murah, bisa diletakkan berbulan-bulan tanpa perawatan, kecuali saat anda ingin membuang tikus yang terjebak.
2. Demi menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan sekitar, lebih baik gantilah air di dalam ember secara teratur, supaya tidak menjadi sarang nyamuk.
3. Kalo selainya sudah mulai menipis atau membusuk, lebih baik oleskan selai yg baru.
4. Kalo anda orangnya tidak tegaan, mendingan perangkapnya tidak usah dikasih air, jadi setelah terperangkap, tikusnya dibuang aja. -www.kaskus.us-

ads

Ditulis Oleh : akbar malik Hari: 00.01 Kategori: